Menteri Berdatangan ke Istana Malam Ini, Besok Reshuffle Kabinet?

Oleh Luqman Rimadi pada 26 Jul 2016, 21:19 WIB
Diperbarui 26 Jul 2016, 21:19 WIB
20150812-reshuffle kabinet-istana-thomas
Perbesar
Thomas L Lembong yang dikabarkan bakal dilantik sebagai Menteri Perdagangan datang ke Istana Kepresidenan. (Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah menteri bidang ekonomi mendadak dipanggil ke Istana malam ini oleh Presiden Jokowi.

Secara berturut-turut terlihat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong.

Lalu datang menyusul Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil.

Apakah kedatangan para menteri ini terkait perombakan (reshuffle) kabinet? Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi SP mengatakan, hal ini untuk menindaklanjuti pemberitahuan Menteri Sekretaris Negara bahwa Rabu besok ada sidang paripurna kabinet.

"Besok ada sidang paripurna kabinet jam 3 kalau nggak salah, karena itu semua menteri wajib hadir. Yang seperti biasa kalau sidang paripurna memang harus hadir semua. Saya konfirmasi Pak Seskab (Sekretaris Kabinet) juga menyampaikan itu," kata Johan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Ditanya topik yang akan dibahas dalam sidang paripurna tersebut, Johan menjawab, "maksud dan tujuan sidang kabinet paripurna adalah mendengarkan pengarahan Presiden yang wajib didengarkan oleh semua menteri Kabinet Kerja."

"Presiden tentu memberikan pengarahan kepada menteri-menteri Kabinet Kerja kan biasa. Karena itu besok dilakukan sidang," ucap Johan.