Jokowi Panggil JK dan Menteri, Reshuffle Kabinet Malam Ini?

Oleh Fiki Ariyanti pada 26 Jul 2016, 20:11 WIB
Diperbarui 26 Jul 2016, 20:11 WIB
Jokowi-JK
Perbesar
Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Isu perombakan (rehusffle) kabinet jilid II makin santer terdengar. Seluruh menteri Kabinet Kerja kabarnya dipanggil oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Istana Negara, malam ini (26/7/2016). Benarkah Jokowi akan mengeksekusi reshuffle malam ini?

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi membenarkan kabar tersebut. Dia mengaku, Wapres Jusuf Kalla hingga saat ini masih berada di Istana Negara.

"Iya saya dengar ada pertemuan malam ini di Istana. Pak Wapres juga masih di Istana kok, dan ini (menteri) dipanggil satu-satu," kata dia saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Sofjan tidak menampik pemanggilan tersebut terkait isu reshuffle. "Ya mungkin begitu (reshuffle). Saya pikir, ngapain ke sana (Istana) ketemu malam-malam kalau enggak untuk itu (reshuffle)," ujar dia.

Seorang staf Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Darmin Nasution diagendakan ke Istana Negara pada pukul 21.00 WIB. Hanya jadwal ini masih bersifat tentatif.

"Pak Darmin stand by dipanggil ke Istana pukul 21.00 WIB. Tapi masih tentatif," kata Staf tersebut.

Sementara Menteri‎ Sekretaris Negara Pratikno belum bisa memastikan soal isu pergantian menteri dalam kabinet atau reshuffle. Menurut dia, hal tersebut akan diumumkan jika sudah ada kepastian.

Pratikno mengungkapkan, adanya reshuffle kabinet atau tidak merupakan kewenangan ‎Presiden Jokowi. Oleh sebab itu, kepastian soal isu ini ada di tangan Presiden Jokowi.

"Itu urusan Presiden. Nanti akan diumumkan. Akan ada pengumuman (reshuffle) nanti kalau sudah dipastikan," ujar Pratikno di Wisma Negara.