Sukses

Puskesmas Ciledug Layani Korban Vaksin Palsu RS Mutiara Bunda

Sebelum divaksin, para orangtua harus terlebih dulu berkonsultasi ke dokter anak yang disediakan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan orangtua korban vaksin palsu dari Rumah Sakit Mutiara Bunda Ciledug Kota Tangerang berdatangan ke Puskesmas Ciledug untuk melakukan vaksin ulang.

Pantauan di Puskesmas Ciledug yang berada di Jalan Raden Fatah itu, Selasa (26/7/2016), orangtua korban vaksin palsu sudah memenuhi ruang depan sejak pagi. Mereka membawa serta balita untuk disuntik vaksin kembali.

Sebelum divaksin, para orangtua harus terlebih dulu berkonsultasi ke dokter anak yang disediakan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang sudah siaga di puskesmas tersebut. Mereka akan ditanya vaksin apa yang terakhir dilakukan, kemudian baru akan ada penanganan.

Setidaknya ada lima sampai enam dokter anak yang disiagakan untuk melakukan vaksin palsu. Sementara, menurut salah seorang petugas loket Puskesmas yang enggan disebutkan identitasnya, vaksin ulang ini akan bertahap hingga beberapa pekan ke depan.

"Tidak sekaligus biar enggak terlalu ramai dan menunggunya lama. Jadi hari ini 30-50 orang dulu, besok juga begitu, terus sampai selesai," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini