Sukses

Surya Paloh: Pemerintah Harus Beri Ruang Pemuda Berkreasi

Surya Paloh Prihatin kurangnya minat generasi muda mempelajari budaya lokal di tengah derasnya perkembangan teknologi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menyampaikan kekhawatirannya akan ketertinggalan Indonesia dalam persaingan membentuk Sumber Daya Manusia bangsa yang cerdas dan memiliki kemampuan hebat dalam persaingan global.

"Kita sudah tertinggal dalam berbagai hal, seperti pembangunan infrastruktur, jalan, gedung tinggi, pelabuhan laut dan komunikasi. Akan tetapi  yang menjadi kekhawatirana, kita juga tertinggal dalam kemampuan cara berpikir," ujar Surya Paloh dalam wawancara di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Senin, (25/7/2016).

Ia melihat salah satu yang menjadi sebab ketertinggalan yaitu kurangnya minat generasi muda saat ini mempelajari budaya lokal di tengah derasnya perkembangan teknologi yang ada saat ini.

"Kita adopsi kemajuan teknologi informasi, kita bagian dari komunitas dunia itu, ketika kita tidak jaga sistem, value yang dimiliki, kita impor pada kemajuan teknologi, peradaban baru. Lalu, di mana budaya kita? Akibatnya yang timbul ada distorsi yang terjadi," kata Surya Paloh.

Ia pun berharap untuk mengejar ketertinggalan itu, wawasan kebangsaan penting ditanamkan bagi generasi muda saat ini. Caranya, dengan melakukan pendekatan penanaman nilai-nilai kebangsaan kepada anak sejak dini.

"Generasi era saya enggak bisa disamakan dengan anak-anak kita sekarang. Tantangannya beda. Karena itu pendekatannya juga beda. Caranya masuk melalui hal-hal yang mereka minati. Salah satunya memanfaatkan teknologi yang serba cepat saat ini, " ucap Surya.

Selain itu, penting pula penanaman nilai dan karakter anak yang dimulai dari keluarga. Anak sejak dini, kata Surya harus ditanamkan nilai-nilai etos, disiplin agar menuai prestasi di masa mendatang.

"Kita harus optimis, benih-benih muda kita mampu bersaing di tingkatan dunia. Itu sudah terlihat dari anak-anak kita yang ikut perlombaan olimpiade matematika di tingkat dunia. Mereka juara. Karena itu mereka harus diberi ruang, kesempatan untuk fokus dan fokus," Surya menandaskan.

Selengkapnya simak wawancara dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang dipandu Retno Pinasti berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.