Sukses

Gempa 5,6 SR Goyang Bengkulu

Getaran gempa dirasakan hingga ke Kota Bengkulu.

Liputan6.com, Bengkulu - Gempa tektonik atau gempa bawah laut gempa berkekuatan 5,6 pada scala richter kembali menggoyang Bengkulu dan sekitarnya, Sabtu pukul 14.41 WIB.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu Anjasman mengatakan, titik gempa berada pada -6,68 Lintang Selatan dan 101,16 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer di dasar laut dan berada pada lokasi 334 kilometer sebelah Barat Daya Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Hanya 10 detik dan tidak berpotensi tsunami," ujar Anjasman di Bengkulu, Sabtu (23/7/2016).

Gempa dipicu pergeseran lempeng Indoaustralia dan Euroasia yang memang terus bergerak dinamis. gempa susulan kemungkinan besar bisa saja terjadi di titik yang sama atau bergeser ke arah utara. Tetapi intensitas getaran dipastikan tidak akan melebihi 5,6 skala richter

Getaran gempa dirasakan hingga ke Kota Bengkulu. Warga kelurahan Lingkar Barat berlarian keluar rumah beberapa saat sambil mengamati keadaan. Sejenak kemudian mereka kembali masuk rumah dan beraktivitas seperti biasa.

Edi Margono, warga Perumahan Cempaka Permai Bengkulu mengaku kaget dengan goyangan yang terjadi saat dia sedang menonton televisi di rumahnya. Dia langsung berlari keluar bersama seluruh anggota keluarga.

"Karena saya tiduran di lantai, getarannya sangat terasa. Untungnya hanya sesaat saja," jelas Edi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bengkulu

Video Terkini