Sambut Wapres JK di Bandara, Gubernur Sumut Dititipi 3 Pesan

Oleh Reza Efendi pada 17 Jul 2016, 21:37 WIB
Diperbarui 17 Jul 2016, 21:37 WIB
wapres jk
Perbesar
Wapres JK disambut Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi di Bandara Kualanamu, Sumut, Minggu (17/7/2016). (Liputan6.com/Reza Perdana)

Liputan6.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menyambut kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla beserta rombongan saat transit di Bandara Kualanamu Airport International (KNIA), Minggu petang.

JK mendarat di KNIA sekitar Pukul 15.00 WIB menggunakan pesawat Kepresidenan setelah melakukan kunjungan kenegaraan ke Ulan Bator, Mongolia. Turut menyambut di antaranya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Adhi Prawoto dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan.

Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan Wapres JK menyampaikan tiga pesan untuk segera mendapat penyelesaian, yakni persoalan tanah Eks HGU PTPN, pembangunan kembali Pasar Aksara yang terbakar dan pembangunan Islamic Center di Sumut.

"Ada beberapa agenda yang dibahas, salah satunya yang sudah lama tertunda yaitu masalah eks HGU PTPN yang belum juga selesai. Bapak Wapres akan mengundang Menteri BUMN, BPN dan instansi lain juga pemerintah daerah sehingga bisa ditindaklanjuti penyelesaian Eks HGU yang sudah tertunda cukup lama," sebut Erry, Minggu (17/7/2016).

Erry juga mengatakan, Wapres memberikan perhatian terhadap kebakaran Pasar Aksara yang telah menyebabkan ratusan pedagang mengalami kerugian besar.

"Pak Wapres juga meminta Pasar Aksara dibangun kembali dengan mengedepankan peran pemerintah daerah, tanpa dialihkan ke pihak ketiga. Pak Wapres bahkan menghubungi salah satu bank milik pemerintah untuk bisa mendukung permodalannya," jelas Erry.

Sedangkan poin ketiga, sebut Erry, JK mendorong Sumut memiliki Islamic Center, yaitu membangun mesjid yang memiliki fasilitas lengkap di atas lahan yang cukup luas.

Wapres yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga menyambut gembira pembangunan Masjid Agung Medan yang disampaikan panitia pembangunan dalam kesempatan tersebut.

"Beliau menyambut baik pembangunan Masjid Agung Medan. Pak Wapres menyampaikan keinginannya agar dibangun masjid yang memiliki lahan luas untuk menjadi Islamic Center. Nanti akan kita cari lokasi yang sesuai, semisal di eks Polonia atau areal lain di sekitar Kota Medan," ujar Erry.

Dia juga mengatakan, dalam waktu dekat Wapres akan kembali mengunjungi Sumut dalam rangka kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Medan.

"Kami berbincang cukup hangat lebih kurang satu jam. Banyak sekali informasi yang kami dapatkan, termasuk kondisi Sumut serta rencana-rencana ke depan. Beliau akan kunjungan kerja kembali di Danau Toba dan peresmian Kantor PMI," sebut Erry.

Setelah transit selama satu jam, pesawat kepresidenan lepas landas dari Bandara Kuala Namu menuju Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB.

Kunjungan Wapres Jusuf Kalla beserta delegasi terbatas dalam rangka mengikuti upacara pembukaan Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-11 Tahun 2016 di Mongolia. KTT ASEM dirancang sebagai forum pembicaraan informal antara negara-negara Eropa dan Asia.