Sukses

Rusak Sejak Januari, 4 Pompa Waduk Pluit Belum Diperbaiki

Belum ada petugas dari Pemprov DKI yang memperbaiki empat pompa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Empat dari sepuluh unit pompa di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara rusak total. Empat pompa yang terdapat di Jalan Inspeksi Waduk Pluit itu diketahui rusak sejak bulan Januari. Namun demikian belum ada petugas dari Pemprov DKI yang memperbaiki pompa tersebut.

Koordinator rumah pompa Waduk Pluit Joko mengatakan, belum ada langkah perbaikan dari dinas terkait soal kerusakan pompa. Dugaan sementara, empat pompa itu rusak lantaran ada kabel yang putus hingga mengalami korsleting. Selain itu pompa-pompa itu juga sudah karatan.

"Punya 10 pompa. Empat pompa rusak itu ada di bagian tengah. Rusaknya sejak Januari 2016. Belum ada itu sampai sekarang perbaikan dari pemerintah. Mungkin pada enggak tahu," ujar Joko di Jakarta Utara, Kamis (14/7/2016).

Di lokasi, Kasubdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Sutarmo mengatakan, pihaknya tengah meninjau empat pompa yang rusak. Namun ia belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab kerusakan tersebut.

Yang jelas, sambung Sutarmo, jika dibiarkan tidak dibetulkan, akibatnya akan fatal. Karena itu pihaknya telah melakukan penyelidikan penyebab rusaknya pompa tersebut.  

"Ini empat-empatnya rusak bisa fatal ini. Pasti banjir kalau hujan deras tiba. Ini kami selidiki rusaknya kenapa. Kok rusak dari Januari lalu, sampai sekarang belum ada tindak lanjut?," kata Sutarmo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini