Sukses

Pejabat Negara Hingga Purnawirawan Polisi Hadiri Sertijab Kapolri

Beberapa pejabat di antaranya adalah Menkopolhukam, Menpan RB, dan Menko Kemaritiman. Hadir pula Panglima TNI dan jajaran kepala staf TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pejabat negara turut hadir dalam acara serah terima jabatan Kapolri dari Jenderal Badrodin Haiti ke Jenderal Tito Karnavian. Acara digelar di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jalan Tirtayasa, Jakarta Selatan.

Pantauan di lokasi, sejumlah Menteri Kabinet Kerja turut hadir, di antaranya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian ada juga Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono, Laksamana TNI Ade Supendi, dan Marsekal TNI Agus Supriatna.

Selain itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo dan Komisioner Basariah Panjaitan juga terlihat hadir. Mereka duduk di ruang VIP bersama dengan Ketua DPD Irman Gusman,  Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso.

Tak hanya pejabat negara, sejumlah purnawirawan Polri juga turut menyaksikan acara sertijab ini. Mereka adalah Jenderal Purn Bambang Hendraso Danuri, Jenderal Purn Dai Bachtiar, dan Jenderal Purn Sutanto.

Sebelumnya, Jenderal Tito Karnavian resmi dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo. Upacara serah terima jabatan dari Jenderal Badrodin Haiti ke Tito pun akan digelar pada Kamis (14/7/2016) pagi ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan acara sertijab akan digelar di Stadion Olahaga Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta.

Dalam upacara sertijab itu, sambung dia, Tito akan menerima tongkat komando dari Kapolri sebelumnya. Jabatan nomor satu kepolisian ini akan diserahkan sepenuhnya kepada Tito dengan proses penyerahan tongkat komando.

Setelah itu, Badrodin akan dibebastugaskan sebagai Kapolri. Proses ini adalah bagian dari legitimasi Kepala Polri baru.

"Hari ini beliau (Tito Karnavian) menerima kegiatan serah terima jabatan dan seremonial. Ada pakem tata upacara. Intinya bahwa tongkat kepemimpinan resmi berpindah, besok di lapangan," kata Agus di Jakarta.

Kemudian usai upacara sertijab, Agus menambahkan, akan ada acara pisah sambut untuk Badrodin dan Tito. Untuk acara pisah sambut ini akan dilakukan di Auditorium PTIK.

"Yang agak santai pisah sambut," ucap Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini