Sukses

Tim Paduan Suara Ini Harumkan Indonesia di Rusia

Tim paduan suara ini meraih tiga medali; dua medali emas dan satu medali perak dalam World Choir Games (WCG) di Sochi, Rusia.

Liputan6.com, Jakarta Tim Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PSM UAJY) mengharumkan nama Indonesia. Tim paduan suara ini meraih tiga medali, dua medali emas dan satu medali perak dalam World Choir Games (WCG) yang diselenggarakan di Sochi, Rusia.

Perlombaan yang berlangsung dari tahun 2000 ini digelar secara bertahap dari 6 hingga 9 Juli 2016. Kategori yang dimenangkan antara lain Mixed Youth Choirs, Scenic Folkore Choirs, serta Scenic Pop/Show Choirs.

Menurut salah satu anggota PSM UAJY Abraham Patrick, persiapan untuk mengikuti WCG ini membutuhkan waktu hampir setahun untuk memperoleh suara yang maksimal. Total lagu yang dibawakan ada 9 lagu, 7 lagu di antaranya memadupadankan antara suara dan koreografi.

Ia menilai, lawan terkuat timnya adalah dari China. "Persiapan mengikuti WCG ini hampir 1 tahun dari September 2015, sedangkan China persiapan sudah 1 tahun," jelas pemilik suara tenor ini.

PSM UAJY mendapatkan invitasi untuk mengikuti World Choir Games karena telah menjuarai beberapa kompetisi internasional antara lain penghargaan nilai tertinggi dan meraih 2 medali emas di ajang the 2nd Vietnam International Choir Competition tahun 2012. Mereka menjuarai ajang "Sing 'N Joy" Manila 2013 Phillipines International Choir Competition, serta medali emas dalam Asian Arts Festival 2014 "Breaking Boundaries" di Singapore tahun 2014.

"Kami sangat bangga karena dalam partisipasi pertama ini, kami telah meraih 2 medali emas dan 1 perak dalam 3 kategori yang diikuti: Mixed Youth Choirs dan Scenic Folkore Choirs, serta Scenic Pop/Show Choirs," ujar Ketua UKM PSM UAJY Alfredo Wujon, seperti dilansir situs resmi UAJY, Selasa (12/7/2016).

World Choir Games (WCG) diselenggarakan oleh Interkultur sejak tahun 2000. WCG 2016 diikuti 283 tim dari 76 negara. Dari Indonesia ada empat tim yang mewakili, masing-masing PSM UAJY dari Yogyakarta, dua dari Makasar, dan satu dari Papua. Diperkirakan tim ini akan tiba di Indonesia pada hari ini. (Linus Sandi Satya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini