Sukses

Puluhan Ribu Wisatawan Berebut ke Puncak Monas

Pengunjung yang tak bisa ke puncak beralih ke lokasi lain. Sebut saja Museum Sejarah Nasional yang berada di bagian bawah Tugu Monas.

Liputan6.com, Jakarta - KawasanTugu Monas masih jadi primadona wisata warga Jakarta. Tak terkecuali saat libur Lebaran seperti sekarang ini. Bahkan, tiket naik ke Monas tersisa tinggal 250 lembar.

Humas Kantor Pengelola Kawasan Monas Nursamin mengatakan, pihaknya menyediakan 3.000 tiket. Pembelian tiket dibagi menjadi dua waktu, pagi dan malam.

"Untuk yang pagi sudah habis 2.750 tiket sejak pukul 10.00 WIB," kata Nursamin, Jakarta, Minggu (10/7/2016).

Padahal, untuk sesi pertama loket dibuka pada pukul 08.00 WIB. Pengelola menyisakan 250 tiket untuk wisata malam Tugu Monas. Loket baru akan dibuka pada pukul 19.00 WIB.

"Jadi jumlah tiketnya yang dibatasi, karena liftnya hanya satu. Untuk malam kami sediakan 250 tiket," kata Nursamin.

Para pengunjung yang tak bisa mencapai puncak pun beralih ke lokasi lain. Sebut sajaMuseum Sejarah Nasional yang berada di bagian bawah tugu Monas.

Untuk bisa naik ke tugu Monas, pengunjung harus membayar tiket Rp 15 ribu untuk dewasa dan Rp 12 ribu untuk anak-anak. Sedangkan, bila ingin ke museum, tiket nya Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak.

Nursamin mencatat jumlah pengunjung sudah tembus 114 ribu pada pukul 11.00 WIB. Sampai saat ini pihaknya terus menghitung jumlah pengunjung yang datang karena Monas masih akan buka hingga pukul 21.00 WIB.

"Pengunjung yang masuk dalam kawasan itu ada 114 ribu, sampai pukul 11 dan masih akan bertambah," ungkap dia.

Jumlah ini jauh berbeda bila dibandingkan dengan hari libur biasa. Pengelola mencatat hanya ada 7 ribu warga yang datang ke Monas saat hari libur biasa.

"Jauh jumlahnya. Hari libur biasa sekitar 7 sampai 8 ribu orang," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.