Strategi Polisi Urai Kemacetan Saat Arus Balik

Oleh Andreas Gerry Tuwo pada 08 Jul 2016, 22:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2016, 22:00 WIB
20160507-Kemacetan-Arus-Balik-Libur-Panjang-Puncak-Bogor
Perbesar
(Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Ops Ramadniya Komisaris Besar Slamet Santoso mengatakan puncak arus balik menuju Jakarta diperkirakan akan dimulai pada Sabtu malam 9 Juli 2016. Agar tidak terjadi penumpakan kendaraan seperti saat arus mudik, pihaknya akan memecah jalur ke tiga wilayah.

"Ada tiga pintu masuk wilayah Jakarta, melalui Pantura, di tengah lewat Purwokerto. Sedangkan selatan di Banyumas, Banjar, dan Cileunyi," ucap Slamet, Jakarta, Jumat (8/7/2016).

Slamet yakin kemacetan panjang bisa terhindari jika para pengendara menggunakan jalur berbeda-beda, dan tidak secara bersamaan menumpuk di ruas tolBrebes Timur.

Agar tidak terjadi hal demikian, Slamet mengatakan, pihaknya akan melakukan pengalihan arus. 

"Jadi seperti jika antrean ada di Brebes Timur sampai 5 KM, maka petugas akan mengalihkan ke Brebes Barat. Jika Brebes Barat juga ada antrean 5 KM juga, maka dialihkan ke Pejagan. Begitu seterusnya sampai Palimanan," papar dia.

"(Saya sarankan) agar masuk (tol) tidak secara keseluruhan, tapi dipisah-pisah," pungkas Slamet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya