Tol Palimanan Gratis 15 Menit Bila Ada Antrean Arus Balik, tapi..

Oleh Andreas Gerry Tuwo pada 07 Jul 2016, 17:02 WIB
Diperbarui 07 Jul 2016, 17:02 WIB
Gerbang Tol Palimanan
Perbesar
Gerbang Tol Palimanan (Liputan6.com/ Audrey Santoso)

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berupaya keras agar kemacetan tak terjadi saat arus balik Lebaran 2016. Salah satu cara adalah menggratiskan tol di beberapa pintu. Namun, penggratisan itu hanya akan berlaku beberapa saat.

"Di gate Tol Palimanan apabila sudah antrean lebih 5 km itu di Plumbon. Setelah itu saya tutup, lalu tolnya saya buka bebas gratis tol di gate Palimanan," ucap Kepala Korlantas Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Kantor NTMC Polri, Jakarta, Kamis (7/7/2016).

"Saya buka gratis kurang lebih 15 menit sudah lancar kembali tutup lagi bayar lagi," sambung dia.

Bukan cuma di Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. menurut Agung, kebijakan ini akan diberlakukan di Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Sama seperti di Palimanan, tol gratis hanya akan berlangsung kurang lebih 15 menit.

"Pembagian prioritas dari arah timur. Begitu 5 kilo sampai Cibatu saya buka gratis, seperempat jam lancar, bayar lagi," Agus menjelaskan.

Meski ada kebijakan itu, Agung meminta warga tak memfokuskan perjalanan arus balik saat diberlakukan tol gratis. Hal tersebut jika diambil malah dapat membuat kemacetan panjang.

"Jangan nunggu gratis, nanti macet lagi. Kalau sudah bayar waktunya, ya bayar. Kalau waktunya dibuka, rezekinya dia," Kakorlantas Polri menegaskan.