Sukses

Anies Baswedan: Budaya Lebaran di Indonesia Patut Dibanggakan

Anies mengatakan, budaya silaturahmi di Indonesia saat Lebaran tidak terjadi di negara lain yang juga memiliki penduduk muslim mayoritas.

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengunjungi acara open house Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Kompleks Patra Kuningan, Jakarta Selatan. 

Anies mengatakan, budaya silaturahmi di Indonesia saat Lebaran tidak terjadi di negara lain yang juga memiliki penduduk muslim mayoritas.

"Cara agar ibadah juga, tapi ritual Lebaran juga, ya dengan silaturahmi mendatangi orang tua. Ini suatu yang luar biasa. Di negara lain hanya mengucapkan selamat ied mubarak," kata Anies Baswedan usai menghadiri open house BJ Habibie, Rabu (6/7/2016).

Dia menuturkan, pesan budaya silaturahmi saat hari Lebaran harus disampaikan ke seluruh umat manusia di dunia. Bahkan menurutnya, Indonesia harus bangga dengan budaya silaturahmi saat momen Lebaran tersebut.

‎"Ini pesan kebudayaan yang luar biasa dan harus disampaikan ke seluruh dunia. Ini kebanggaan yang harus dibanggakan. Saya masih mengerjakan budaya silaturahmi," tutur Anies.

Dia juga mengatakan mengenal BJ Habibie sejak masih di bangku sekolah. Ia menyampaikan, apa pun latar belakang masyarakat Indonesia bukan jadi penghalang untuk melakukan silaturahmi kepada sanak saudara atau teman.

"Saya waktu masih SMA kenal Beliau, saya datangi, saya wawancara Beliau. Apa pun pekerjaan kita, apa pun posisi kita, kita harus bersilaturahmi, yang muda mendatangi yang tua," pungkas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.