Malam Jelang Lebaran, Jalur Puncak Sepi dan Simpang Ciawi Macet

Oleh Achmad Sudarno pada 06 Jul 2016, 01:26 WIB
Diperbarui 06 Jul 2016, 01:26 WIB
20160507-Kemacetan-Arus-Balik-Libur-Panjang-Puncak-Bogor
Perbesar
(Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, arus lalu lintas menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat terpantau lancar pada Selasa malam jelang dinihari. Kendaraan yang melintas didominasi masyarakat sekitar yang hilir mudik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Begitu pula di pintu Tol Ciawi dan simpang Gadog menuju arah Puncak, tidak terjadi antrean kendaraan, baik kendaraan roda empat maupun bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang membawa pemudik yang melintasi jalur Puncak.

Sementara di simpang Ciawi, terjadi kemacetan arus lalu lintas. Ini disebabkan karena adanya aktivitas jual beli di Pasar Ciawi yang tumpah ruah hingga menutupi sebagian badan jalan.

Kondisi tersebut membuat kendaraan yang hendak menuju Sukabumi maupun Kota Bogor terhambat.

Untuk mengurai kemacetaan, pihak kepolisian pun mengalihkan arus kendaraan dari arah Puncak menuju Kota Bogor dan sekitarnya.

"Kendaraan menuju Kota Bogor kami alihkan sementara ke jalur alternatif Seseupan. Karena kendaraan terkunci di simpang Ciawi," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Bramastyo Priaji, Selasa (5/7/2016) malam.

Sedangkan arus kendaraan menuju Puncak maupun arah sebaliknya, lanjut Bram, lancar. Begitu juga arus lalu lintas Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) ramai lancar.

"Situasi jalur Puncak dan Bocimi lancar. Hanya tersendat di simpang Ciawi saja," pungkas Bram.