Pengamanan Sekitar Monas Mulai Diperketat di Malam Takbiran

Oleh Ahmad Romadoni pada 05 Jul 2016, 21:18 WIB
Diperbarui 05 Jul 2016, 21:18 WIB
20160705-Monas
Perbesar
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan petugas kepolisian bersiaga di kawasan Monas, Jakarta. Hal ini terkait adanya rencana takbir keliling yang dilakukan oleh massa Front Pembela Islam (FPI).

Pantauan Liputan6.com, Selasa (5/7/2016) seluruh sudut Monas sudah dipenuhi petugas keamanan baik dari Kepolisian, Dinas Perhubungan, maupun Satpol PP. Pengamanan utama terlihat di Jalan Medan Merdeka Utara tepatnya di depan Istana Negara.

Lokasi ini memang menjadi pusat komando pengamanan malam takbir di sekitaran Monas. Terlihat 2 unit Baracuda terparkir di barisan depan pintu Barat Laut Monas.

Sementara di lokasi lain, seperti di Jalan Medan Merdeka Barat dan Selatan, pengamanan juga terlihat. Petugas berupaya agar masyarakat yang ingin memarkir kendaraan di IRTI Monas tidak menimpuk.

Hal serupa juga terlihat di Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Perwira. Puluhan petugas gabungan juga sudah bersiaga.

Petugas lalu lintas Aiptu Sunarto mengatakan, pengamanan difokuskan pada pawai dan konvoi takbiran yang akan dilakukan FPI. Petugas harus memastikan lalu lintas tetap bisa dilalui meski rombongan sudah masuk kawasan Monas.

"Yang pasti tidak diizinkan berhenti. Mereka hanya melintas saja karena bisa mengganggu yang lain," kata Sunarto di kawasan Monas, Jakarta.

Selain itu, tidak diizinkannya massa untuk berhenti juga untuk mengantisipasi adanya gesekan yang bisa menimbulkan keributan.

"Siapa tahu ada kelompok lain yang tidak tahu apa-apa lalu terjadi gesekan. Tapi kita ingin damai lah, sayang puasa satu bulan kalau ditutup kericuhan," imbuh dia.

Pengamanan juga dilakukan di sekitaran Monas, seperti di Jalan Abdul Muis, Jalan Budi Kemuliaan, dan kawasan Tugu Tani.

Untuk Abdul Muis dan Budi Kemuliaan petugas mengantisipasi lonjakan peserta konvoi yang menggunakan sepeda motor. Mengingat Jalan Medan Merdeka Barat hingga Thamrin tidak diperbolehkan melintas.

Sedangkan, di kawasan Tugu Tani, petugas juga sudah bersiaga. Tampak satu unit Baracuda terparkir di depan Hotel Aryaduta.