Kapolda Metro: Kalau Tidak Tertib Tak Usah Takbiran Keliling

Oleh Moch Harun Syah pada 05 Jul 2016, 20:22 WIB
Diperbarui 05 Jul 2016, 20:22 WIB
20160705-Takbir keliling
Perbesar
Polisi akan menindak tegas warga takbir keliling yang melanggar aturan yang berlaku

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto mengatakan, pihaknya akan menindak tegas jika ada kelompok atau warga konvoi takbir keliling yang justru memprovokasi atau memancing kerusuhan.

"Kalau mereka berbuat atau melakukan hal yang bersifat provokatif pasti kami bubarkan," kata Irjen Moechgiyarto di Lapangan Dirlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (5/7/2016) sore.

Ia melanjutkan, ada 1.600 polisi yang terjun ke lapangan membantu pengamanan. Dan pengamanan berlangsung sampai 15 Juli. Moechgiyarto menegaskan, ada aturan yang wajib diikuti setiap kelompok konvoi takbir keliling. Di antaranya dilarang menggunakan bak terbuka dan patuhi aturan lalu lintas.

"Tidak untuk sweeping di beberapa obyek vital dan tempat umum. Kami pantau sem‎ua pergerakan mereka. Kami awasi jika membandel ya akan tindak tegas," imbuh dia.

Terakhir dia menegaskan, pihaknya juga tidak akan segan-segan menindak warga takbir keliling yang melanggar lalu lintas.

"Kalau mereka enggak pakai helm, boncengan bertiga dan tak bawa surat akan kami tilang. Kalau mereka tidak tertib, tidak usah takbiran," tutup Moechgiyarto.