Disambut Pagar Ayu, Jokowi Puji Pakaian Adat Minangkabau

Oleh Liputan6 pada 05 Jul 2016, 07:53 WIB
Diperbarui 05 Jul 2016, 07:53 WIB
Presiden Jokowi
Perbesar
Usai melaksanakan salat Isya dan Tarawih berjemaah, Presiden Jokowi silaturahmi dengan warga Kota Padang di Masjid Nurul Iman, Senin (4/7/2016). (Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Padang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memuji pakaian adat khas Minangkabau yang digunakan oleh barisan pagar ayu di Hotel Grand Inna Muara, Kota Padang yang menjadi tempat menginap Presiden selama kunjungan kerja di Sumatera Barat.

"Ini merupakan pakaian adat yang bagus," kata Jokowi dalam percakapan ringan dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wali Kota Padang Mahyeldi sebelum beranjak ke kamar untuk berbuka puasa secara pribadi.

Seperti dilansir Antara, Senin 4 Juli 2016, ungkapan kekaguman Jokowi pun ditanggapi Gubernur Sumbar dan Wali Kota Padang. Irwan Prayitno secara bergantian dengan Mahyeldi menjelaskan kepada Jokowi terkait dengan pakaian yang dikenakan barisan pagar ayu tersebut.

Kedatangan Jokowi di Kota Padang adalah untuk melakukan rangkaian kunjungan kerja sekaligus merayakan Lebaran bersama masyarakat setempat. Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Senin petang.

Sejumlah pejabat pemerintah yang turut dalam rombongan Jokowi antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Ketua DPD RI Irman Gusman.

Senin malam, Jokowi melaksanakan salat tarawih di Masjid Nurul Iman, Padang. Dia juga membagikan bingkisan Lebaran kepada masyarakat di Masjid Mukaramah usai melaksanakan salat tarawih.

Untuk merayakan Idul Fitri, rencananya Jokowi mengikuti acara takbir akbar di Kantor Gubernur Sumatera Barat bersama masyarakat pada Selasa malam nanti.

Selain itu, Jokowi juga akan menunaikan Salat Id di Masjid Raya Padang pada Rabu 6 Juli 2016.

Usai melakukan rangkaian kunjungan kerja di Padang, Jokowi akan bertolak ke Solo, Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk bersilaturahmi dengan masyarakat di Jawa Tengah dalam rangka merayakan Lebaran, sekaligus pulang ke kampung halamannya di Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya