Sukses

Dinas Kebersihan DKI Jamin Penanganan Sampah Saat Lebaran Aman

Dinas Kebersihan Jakarta menyiagakan mayoritas petugas kebersihan.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kebersihan DKI Jakarta menyiagakan petugas piket untuk menjaga kebersihan Ibu Kota selama libur Lebaran. Hanya sebagian kecil petugas sampah yang diperbolehkan cuti.

"Sebagian besar petugas kebersihan pada saat Lebaran tetap bertugas. Diperkirakan hanya sekitar 15 persen petugas yang mudik Lebaran, sisanya tetap disiagakan," tulis Kepala Dinsih Isnawa Adji pada keterangannya di Jakarta, Senin (4/7/2016).

Menurut dia, volume sampah pada Lebaran menurun pada Idul Fitri. Hal ini sudah terjadi pada Lebaran sebelumnya.

Sementara, puncak peningkatan volume sampah terjadi H+5 Lebaran. Sebab, saat itu, pemudik sudah kembali ke Ibu Kota.

"Diperkirakan puncak tonase penanganan sampah akan terjadi pada H+5, H+6 dan H+7," kata Isnawa.

Oleh karena itu, dia memastikan penanganan sampah di Jakarta tetap terjaga selama cuti Idul Fitri. Tak terkecuali di tempat keramaian seperti tempat ibadah dan tempat wisata.

"Antisipasi khusus penanganan kebersihan di pusat-pusat keramaian malam takbiran, 726 lokasi salat Id dan tempat-tempat wisata. Kami optimalkan roadsweeper (mobil penyapu jalan otomatis)," ujar Isnawa.

Selain itu, toilet mobile pun disiagakan di jalur pemudik, yakni Kalimalang.

"Kami mengoperasikan toilet mobile sebagai pelayanan pemudik di jalur Kalimalang (Pangkalan Jati Kalimalang, Jaktim) selama 24 jam. Pada saat Lebaran operasi toilet mobile di pusat-pusat wisata dan pemakaman juga, di antaranya Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Kawasan Kota Tua, TMII dan TMP," Isnawa menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.