Menteri Jonan: Puncak Arus Mudik di Merak Malam Ini

Oleh Yandhi Deslatama pada 03 Jul 2016, 18:59 WIB
Diperbarui 03 Jul 2016, 18:59 WIB
Ignasius Jonan
Perbesar
Ignasius Jonan saat ini menjabat sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah terjadi kemacetan panjang hingga 6 kilometer di luar Pelabuhan Merak pada Jum'at 1 Juli 2016 dini hari hingga Sabtu 2 Juli 2016 pagi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, kejadian tersebut bukanlah puncak arus mudik Idul Fitri 2016.

"Saya kira sih belum ya, kalau untuk puncak arusĀ mudik di Merak mungkin nanti malam," kata Jonan usai mendatangi Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Minggu (3/7/2016).

Kemacetan 6 kilometer itu menurut Jonan, hanyalah peningkatan kendaraan dan akan terjadi lonjakan pemudik yang lebih besar lagi malam nanti.

Bahkan arus mudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera akan terus terjadi pada H-1 Idul Fitri mendatang.

"Kalau pemantauan pagi ini ya lancar aja sih ya. Mungkin tadi malam, menurut Dirut ASDP dan Kapolda Banten, itu ada peningkatan," tegas dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Pelabuhan Merak masih dipenuhi ribuan pemudik, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan antrean kendaraan di luar pelabuhan yang ingin menyeberang terus mengular.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya