Sukses

DPR Apresiasi Kesiapan Pemerintah Jelang Mudik Lebaran

Persiapan juga terlihat dari penambahan kuota bagi pemudik melalui jalur darat.

Liputan6.com, Jakarta - DPR menilai persiapan pemerintah menghadapi mudik Lebaran tahun ini lebih matang, dibanding tahun sebelumnya. Dalam hal ini, kesiapan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Aggota Komisi V DPR Miryam S Haryani mengatakan dalam rapat bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum, serta beberapa stakeholder terkait, persiapan mudik Lebaran tahun ini lebih siap dari sebelumnya.

"Tahun ini lebih siap karena ada bahan evaluasi di tahun kemarin, yang sampai Dirjen Perhubungan mengundurkan diri. Jadi sekarang lebih prepare, terutama Kemenhub," kata Miryam kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Selain itu, kata Miryam, persiapan juga terlihat dari penambahan kuota bagi pemudik melalui jalur darat. Serta, fasilitas tambahan sepanjang jalur pantai laut utara atau Pantura.

"Kemarin mudik gratis kuota ribu-ribu sekarang 15 ribu. Menteri PU juga, tol lagi ditata. Terus ada toilet gratis di beberapa titik lumayan banyak," papar dia.

Politikus Partai Hanura ini juga mengapresiasi pihak kepolisian yang terus melakukan rekyasa lalu lintas, untuk mengurai kemacetan saat mudik Lebaran d‎i beberpa titik jalur.

"Korlantas juga bikin rekayasa. Pasar tumpah sekarang enggak ada. Persiapan lebih matang, lancar. Kemarin kita sidak juga progress sudah ok. Mungkin H-6 sudah ready semua. BMKG, Menhub, Korlantas sudah koordinasi," Miryam menandaskan.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.