Sukses

Cegah Sopir Nakal, Polisi Gelar Tes Urine di Terminal Kalideres

Hasil tes urine para sopir dan kondektur bus antar provinsi di terminal Kalideres negatif.

Liputan6.com, Jakarta - Geliat arus mudik Lebaran mulai terasa di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat. H-10 jelang Lebaran ini, mulai tampak lalu lalang pemudik, khususnya pengguna bus umum. Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat ‎pun menggelar tes urine kepada para sopir dan kondektur bus luar kota di terminal Kalideres hari ini.

Tujuan kegiatan ini tak lain, agar tak ada lagi sopir dalam keadaan mabuk saat membawa penumpang. Baik karena mengonsumsi narkoba maupun minuman keras.

"Kami memfokuskan tes urine kepada sopir dan kondektur bus luar kota, demi keselamatan penumpang yang pulang kampung," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat‎ Ajun Komisaris Besar Suhermanto di terminal Kalideres, Senin (27/6/2016).

Tak hanya sopir, polisi juga tes urine sejumlah orang yang dicurigai mengonsumsi narkoba dan minuman keras. Hal ini guna mengantisipasi tindak kejahatan, akibat pengaruh narkoba dan miras.

"Yang kedapatan sebagai pengguna narkoba. Akan kita serahkan ke BNNP untuk di-assesment. Kemudian kita juga akan panggil PO-nya, jika sopir atau kondekturnya pemakai‎ narkoba untuk bertanggung jawab," tutur Suhermanto.

Tak jarang, keramaian saat mudik Lebaran dimanfaatkan pihak tertentu, untuk menyelundupkan narkotika ke Jakarta ataupun dari Ibu Kota ke kota lain.

Hingga saat ini, jajaran Polres Metro Jakarta Barat‎  baru memeriksa 50 orang. Mereka terdiri dari sopir dan kondektur bus antar provinsi, dan hasilnya negatif.

"Sejauh ini masih negatif. Kita akan terus jemput supir dan kondektur untuk tes urine. Petugas masih berkeliling menjemputnya," pungkas Suhermanto.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.