Sukses

Wakil Ketua Komisi II: Pemerintahan Jokowi Kuat secara Politik

Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy mengatakan, pemerintahan Jokowi saat ini kuat secara politik.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy mengatakan, pemerintahan Jokowi saat ini kuat secara politik. Hal ini terbukti tidak ada pandangan fraksi dari partai politik mana pun yang menolak poin-poin yang diinginkan pemerintah dalam revisi Undang-Undang Pilkada.

"Jadi hampir semua fraksi tidak ada pandangan mentok dan tidak ada yang berbeda dari pemerintah. Jadi fine-fine saja. Pemerintahan Jokowi hari ini sangat kuat secara politik," kata Lukman, dalam diskusi bertajuk Pertarungan Politik Pilkada, di Jakarta, Sabtu (11/6/2016).

Lukman menjelaskan, selama sebulan pembahasan undang-undang yang menjadi inisiatif pemerintah itu, tidak pernah sekali pun ada jalan buntu. Tiap proses pembahasan dilalui tanpa perdebatan panjang.

Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mencontohkan aturan DPR, DPRD, dan DPD yang mau ikut dalam pilkada harus mundur dari jabatannya. Menurut Lukman, bila posisi pemerintah tidak kuat, maka anggota dewan tidak akan mau mengesahkan.

"Masa buat undang-undang yang mengharuskan kita mundur, ini senjata makan tuan. Tapi karena pemerintah kuat, jadi teman-teman mengikuti kemauan pemerintah. Pemerintahan Jokowi kuat," tegas dia.

Lukman mengatakan, pembahasan UU Pilkada di DPR juga merupakan ujian pada partai-partai yang baru saja menyatakan dukungan pada pemerintah.

"Tidak ada partai yang secara gamblang katakan oposisi juga tidak ada. Kalau misalnya kita mau candaan. Pak Jokowi mau test on the water, mau ikut nggak partai. Termasuk tes anak baru," Lukman menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini