Sukses

Kemlu Siap Tolong Pengusaha Indonesia Meninggal di Alaska

Pengusaha asal Indonesia bernama Silviana Regina Sutanto yang meninggal di Alaska, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan siap memberi bantuan terhadap pengusaha asal Indonesia bernama Silviana Regina Sutanto yang meninggal di Alaska, Amerika Serikat. Wanita itu wafat karena terjebak dalam insiden kebakaran.

"Kita terus melakukan koordinasi untuk dapat memperoleh informasi jenazah, tentunya akan tergantung kepada keluarga akan diapakan, dipulangkan ke Indonesia dan sebagainya, pokoknya prinsipnya kita siap untuk membantu," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Retno mengaku mendapat informasi tersebut pada 3 Juni lalu, berasal dari KJRI San Fransisco. Info itu adalah terjadinya kebakaran kabin wisata di Kodiak Island, Alaska.

"Berita yang kita dapatkan pertama ada 4 korban. Kemudian, setelah kita berkoorinasi dengan otoritas setempat, maka dari empat korban itu ketahuan tiga korban adalah WNI dan satu lagi Korea," tutur dia.

Retno menyampaikan, selain Silviana, dua WNI lainnya masih hidup, tapi dalam kondisi luka-luka. Saat ini mereka sedang dirawat di Medical Center Seattle, Amerika Serikat.

Menurut kantor berita lokal Alaska Public Media, musibah tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 pagi waktu setempat. Regu penyelamat tak dapat terbang ke lokasi kebakaran karena terbatasnya jarak pandang.

Untuk menangani insiden tersebut, setidaknya seorang polisi hutan, dua polisi negara bagian, dan wakil kepala pemadam kebakaran dikirim menggunakan kapal patroli, demikian menurut keterangan Alaska Dispatch News.

Kebakaran di tempat penginapan Kodiak Lodge tersebut baru dapat dipadamkan pukul 10.45 dan penyebabnya hingga kini masih diselidiki.

Dikutip dari Strait Times, Selasa (7/6/2016), pihak media Singapura tersebut mengunjungi rumah Silviana, mereka bertemu dengan dua asisten rumah tangga. Salah satu dari mereka telah bekerja untuk wanita tersebut selama 30 tahun dan berkata bahwa ia merupakan majikan yang sangat baik.

Keluarga tersebut pergi berlibur sekitar 3 minggu lalu. Suami dan kerabat Silvana juga telah berangkat ke Alaska.

Silviana merupakan direktur lima perusahaan kesehatan dan investasi di Singapura, termasuk United Wealth Industries, The Inspiration Shop, dan Universal Wellbeing.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini