Sukses

VIDEO: Tradisi Parade Musik Genderang Bangunkan Sahur di Turki

Penabuh genderang berkeliling membangunkan warga untuk sahur, sambil mengenakan kostum tradisional Kerajaan Ottoman.

Liputan6.com, Jakarta - Hari pertama puasa Ramadan dijalani masyarakat di berbagai negara. Tradisi unik hingga harga kebutuhan pangan yang merangkak naik mewarnai Ramadan.

Seperti tradisi tabuh bedug atau kentongan pada waktu sahur saat Ramadan, ternyata tidak hanya ada di Indonesia.

Di kota Istanbul, Turki, parade musik genderang juga digelar untuk membangunkan warga melaksanakan ibadah sahur. Bedanya, peserta mengenakan kostum tradisional Kerajaan Ottoman. Kemudian mereka berkeliling sambil menabuh genderang.

Aksi ini dilakukan secara sukarela tanpa dibayar. Para penabuh genderang ini sengaja memakai kostum Ottoman untuk menumbuhkan rasa bangga generasi muda terhadap tradisi leluhur yang mulai luntur.

Sementara, pada hari pertama Ramadan, masyarakat Gaza ramai mendatangi pasar tradisonal, membeli pernak-pernik, serta aneka makanan. Kurma tetap menjadi incaran favorit warga untuk menu berbuka puasa.

Aktivitas jual-beli di pasar meningkat dibanding hari biasanya. Namun seorang pedagang menuturkan, daya beli masyrakat pada Ramadan tahun ini menurun dibanding tahun lalu.

Hal ini disebabkan kondisi ekonomi yang kurang baik, akibat blokade di sejumlah titik perbatasan oleh Israel. Angka pengangguran di Gaza diperkirakan lebih dari 40 persen.

Kenaikan harga bahan makanan pokok pada Ramadan kali ini juga terjadi di Pakistan. Buah dan sayuran menjadi barang mahal, sebagian naik hingga dua kali lipat.

Di sisi lain, pedagang perlengkapan ibadah atau salat justru mendapat berkah berlimpah. Omzet penjualan seperti sarung, mukena, sajadah, tasbih dan kopiah mengalami kenaikan. Banyak orang semangat menggunakan perlengkapan ibadah baru pada Ramadan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.