Sukses

Ini Rencana DPR Hadapi 'Ritual' Mudik Lebaran

Komisi V DPR menyoroti soal kesiapan infrastruktur jelang mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tinggal dalam hitungan hari. Sejumlah hal yang berkaitan dengan Ramadan dan 'ritual' mudik, mulai dipersiapkan.

Komisi V DPR pun menjadwalkan rapat kerja dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Korlantas, BMKG, dan Basarnas untuk membahas mudik.

Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis mengatakan pertemuan tersebut, khususnya, akan membahas soal kesiapan infrastruktur.

"Kita juga sudah mengagendakan untuk melakukan kunjungan spesifik untuk melihat secara langsung berkaitan dengan persiapan infrastruktur mudik lebaran di beberapa titik," ungkap Fary di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis 2 Juni 2016.

Menurut dia, titik yang akan dikunjungi itu merupakan lokasi terus bermasalah infrastrukturnya. Persoalan pertama, kata dia, berkaitan dengan titik-titik kemacetan.

"Terus yang kedua rawan kecelakaan dan yang ketiga berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal untuk safety security dan kenyamanan mudik Lebaran," papar Fary.

Politikus Partai Gerindra ini juga meminta, dalam setiap penanganan infrastruktur di jalur mudik, ada terobosan agar persoalan yang berulang itu tidak muncul kembali.

"Yang pertama itu berkaitan dengan tingkat kenaikan pemudik yang menggunakan transportasi roda 2 apa sih langkah-langkahnya, apakah masih konvensional seperti dulu, apa terobosan-terobosan yang lain," ucap Fary.

"Yang kedua berkaitan bagaimana audit safety dari setiap moda transportasi, ya kita minta untuk diaudit secara benar baik itu darat, laut, maupun udara dan kereta api ya," sambung dia.

Fary menambahkan selanjutnya juga akan menanyakan kepada Korlantas berkaitan dengan rekayasa lalu lintas di beberapa titik yang rawan macet, misalnya tempat-tempat objek wisata dan pasar.

"Terutama berkaitan dengan waktu kembalinya (pemudik) ke Jakarta. Yang jelas, kita sekarang konsentrasi berkaitan dengan infrastruktur dulu untuk mudik Lebaran ya," tutup dia.

Sebelumnya pada 31 Mei 2016 lalu, Korlantas Polri mengecek sejumlah jalur tol yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran. Dalam perjalanan menuju Brebes, Jawa Tengah terkait rapat koordinasi bersama sejumlah instansi untuk penanganan arus mudik, rombongan Korlantas Polri melalui jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sekaligus memantau kondisi jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini