Sukses

Gempa 6,5 SR Goyang Mentawai

Getaran gempa tidak lebih dari 10 detik dan tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Bengkulu - Gempa bumi bawah laut atau gempa tektonik yang berpusat di Samudera Hindia kembali terjadi pada Kamis pagi ini pukul 05.56 WIB.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu Haris Havid Hakim mengatakan gempa tersebut berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) dengan kedalaman 72 kilometer. Titik gempa berpusat di 87 kilometer arah tenggara Kepulauan Mentawai.

"Getaran tidak lebih dari 10 detik dan tidak berpotensi tsunami," ujar Haris di Bengkulu (2/6/2016).

Getaran gempa dirasakan hingga ke Kota Bengkulu dan sekitarnya. Warga yang baru saja bangun dari tidur dan akan memulai aktivitas terkejut dan berlarian keluar rumah.

"Lumayan kencang, namun sempat berlarian keluar, tetapi hanya sesaat langsung beraktivitas seperti biasa kembali," ujar Syaiful Anwar, warga salah satu kompleks perumahan di Kelurahan Lingkar Barat, Bengkulu, yang merasakan getaran gempa bumi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.