Sukses

Ridwan Kamil: Bulan Bung Karno Penting Agar Hidup Tak Cuma Gadget

Juni merupakan bulan penting di Indonesia, karena 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila, dan Bung Karno lahir pada 6 Juni.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Bandung menggelar acara Bulan Bung Karno selama satu bulan penuh yaitu Juni 2016. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, acara tersebut digelar untuk memperingati sosok pendiri bangsa Indonesia Sukarno yang patut diteladani.

"Karena Bung Karno pendiri Republik Indonesia, orang pinter, ganteng dan banyak hal positif yang lahir pada Bung Karno, yang anak-anak muda hari ini harus tahu dan belajar. Supaya hidup hari ini, nggak hanya urusan gadget, nonton sinetron, drama, tapi punya visi kebangsaan dan ilmu yang cerdas supaya bisa berkompetisi," kata Ridwan Kamil kepada Liputan 6 SCTV dan Liputan6.com, saat menyambangi SCTV Tower pada Senin 23 Mei 2016.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini mengatakan, selain mendirikan Indonesia, Bung Karno adalah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia bersama Bung Hatta. Oleh karena itu, sebagai generasi muda, harus menyukseskan apa yang telah diperjuangkan para pendiri bangsa.

Dia juga mengatakan, Juni merupakan bulan penting di Indonesia, karena 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila, dan Bung Karno lahir pada 6 Juni.

"Makanya kita bikin bulan Bung Karno sepanjang bulan. Ada festival, parade, karnaval, lomba puisi. Sehingga kalau di Bandung tempat Bung Karno bersekolah. Khusus warga, saya dan anak-anak mudanya bersemangat, mengingat dan memuliakan pendiri bangsa Indonesia," kata Emil.

Emil sebelumnya mengatakan, Bandung ditunjuk secara langsung oleh MPR untuk meramaikan acara peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni.

"Tahun lalu tidak ada, karena tahun lalu dilaksanakan di Ende secara nasional, tahun kemarinnya lagi di Blitar. Jadi MPR memutuskan tahun ketiga di Bandung. Penunjukkan oleh MPR. Karena ini acara nasional tentu kami meramaikan," ucap Emil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini