Sukses

Awasi WNA, Imigrasi Jaksel Bentuk Timpora di Kalibata City

Kantor Timpora di Kalibata City Jaksel diklaim adalah kantor pertama tim dari beragam unsur yang akan mengawasi warga negara asing.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga negara asing diprediksi bermukim di Jakarta Selatan. Guna mengawasi mereka, Imigrasi Jakarta Selatan membentuk Tim Pengawas Orang Asing (Timpora). Nantinya tim gabungan beragam unsur ini akan berkantor di Kalibata City, apartemen yang banyak dihuni warga negara asing.

"Di Jaksel itu ada 11 ribu orang WNA, apalagi setelah adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), kemungkinan besar adanya dorongan dampak negatif. Dengan adanya Timpora di apartemen ini, menunjukkan kami ingin hadir di tengah masyarakat seperti apa yang disampaikan Nawacita," kata Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Cucu Koswala, di lokasi, Rabu (25/5/2016).

Tujuan lain yang diharapkan, masyarakat bisa lebih mudah melaporkan adanya orang asing di tengah mereka. Dalam peresmian itu juga dikukuhkan struktur organisasi Timpora yang berisi jajaran dari Polres Jakarta Selatan, Kodim, serta aparatur Jakarta Selatan.

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengatakan, dengan hadirnya kantor tersebut peristiwa di Halim Perdanakusuma, yaitu lima warga China yang melakukan pekerjaan ilegal dan ditangkap TNI AU, tidak terulang.

"Kita tidak ingin seperti di Halim yang main gali-gali saja. Ini kan perlu pengawasan betul," ujar Tri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini