Sukses

Cerita Teman Kuliah Saat Megawati Jadi Mahasiswi Unpad

Situasi politik nasional ketika itu memaksa Megawati tidak bisa melanjutkan studi di Unpad dan kembali ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjajaran (Unpad).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mendapat gelar Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintah. Gelar tersebut diserahkan langsung di Unpad, Bandung, Jawa Barat, hari ini, Rabu (25/5/2016).

Ada beberapa alasan pemberian gelar tersebut. Di antaranya adalah status Mega sebagai alumnus Unpad pada 1965.

Megawati tercatat sebagai mahasiswa Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian Unpad pada 1965 - 1967. Ketika itu, kampusnya berada di Jalan Maulana Yusuf Bandung. Namun karena situasi politik nasional ketika itu, Megawati tidak bisa melanjutkan studi dan kembali ke Jakarta.

Dalam karier politiknya, Megawati memimpin PDI Perjuangan hingga saat ini. Pernah menjadi Wakil Presiden RI periode 1999-2001, Megawati lalu menjadi Presiden ke-5 RI periode 2001-2004.


Pendidikan politik Megawati antara lain didapatkan langsung dari sang ayah, Presiden Pertama RI Soekarno.

Ketua Tim Promotor yang merupakan Guru Besar FISIP Unpad Prof Dr Obsatar Sinaga, MSi memaparkan, timnya menemukan sejumlah pemikiran dan kebijakan Megawati yang memberi nuansa kuat terhadap ilmu politik, dan secara nyata memberi pengaruh kuat dalam pemerintahan hingga saat ini.

"Kami meyakini sepenuhnya, secara akademik, Ibu Megawati layak diberikan gelar Doktor Honoris Causa," tegas Obsatar.

Teman satu angkatan Megawati di Fakultas Pertanian Unpad, Prof Dr Nurpilihan Bafdal dan Iwan Abdurrahman menceritakan pengalaman mereka saat menjalani kuliah bersama Megawati selama hampir satu semester di tahun 1965.

Dalam pandangan mereka, Megawati adalah sosok yang rajin dan cerdas. "Jadi Megawati tidak bisa menyelesaikan kuliahnya bukan karena ketidakmampuannya, tapi karena kondisi politik yang memaksa ketika itu," ujar Nurpilihan yang kini merupakan Guru Besar Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad, seperti dikutip dari situs resmi Unpad, unpad.ac.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.