Sukses

Jokowi: Selamat Hari Trisuci Waisak untuk Umat Buddha

Hari suci Waisak jatuh pada hari Minggu, 22 Mei 2016. Perayaannya berpusat di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat hari Trisuci Waisak untuk umat Buddha. Ucapan itu disampaikan Presiden melalui akun twitternya @jokowi.

"Selamat hari Trisuci Waisak utk umat Buddha. Nafas ajaran Buddha adlh Metta, cinta kasih  pada semuanya. Semoga semua makhluk berbahagia-Jkw," tulis Jokowi di akunnya, Minggu 22 Mei 2016.

Hari suci Waisak jatuh pada hari Minggu, 22 Mei 2016. Perayaannya berpusat di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

 

Prosesi perayaan Waisak di Candi Borobudur dimeriahkan dengan pelepasan 5.000 lampion. Alhasil, langit di atas candi Buddha terbesar di dunia itu menjadi terang benderang dengan hiasan cahaya lampion.

Pantauan Liputan6.com, pelepasan ribuan lampion dipusatkan di lapangan Gunadharma yang terletak di selatan Candi Borobudur. ‎Untuk pelepasan lampion, terlebih dahulu dinyalakan lilin di atas gelas yang  diletakkan di atas rumput lapangan tersebut sejak Sabtu sore, 21 Mei 2016.

Pelepasan lampion dilakukan setelah prosesi perayaan Dharmasanti Waisak Nasional 2560 yang dipusatkan di lapangan Lumbini. Perayaan Dharmasanti dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin‎, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.