Sukses

VIDEO: Aktor Intelektual Kasus Salim Kancil Dituntut Seumur Hidup

Kades Hariyono dan ketua tim 12 Mudassir dituntut Jaksa Penuntut Umum seumur hidup.

Liputan6.com, Surabaya - Aktor intelektual Kades Hariyono bersama ketua tim 12 Mudassir, terdakwa pembunuh Salim Kancil dituntut hukuman seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Surabaya. Tuntutan tersebut, berdasarkan hal yang memberatkan yakni dilakukan secara terencana dan dilakukan secara sadis. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (20/5/2016), setelah sempat tertunda tiga pekan, hari Kamis 19 Mei 2016, Jaksa Penuntut Umum membacakan tuntutan terhadap para pelaku pembunuhan aktivis antitambang Salim Kancil dan penganiayaan terhadap Tosan.

Tuntutan tersebut berdasarkan pertimbangan yang memberatkan, yakni pembunuhan dilakukan secara sadis dan terencana serta dilakukan di balai desa yang merupakan kantor pemerintahan, sehingga mengundang banyak orang. Sementara hal yang meringankan kedua terdakwa belum pernah melakukan tindak pidana.

Hariyono membantah dirinya memerintahkan melakukan penganiayaan dan pembunuhan. Tosan korban hidup menyayangkan tuntutan jaksa terhadap kedua terdakwa.

Tak hanya Hariyono dan Mudassir yang menjalani sidang tuntutan. Beberapa terdakwa lain juga menjalani sidang tuntutan dengan tuntutan beragam, mulai dari 8 tahun, 15 tahun hingga 17 tahun sesuai dengan peran masing-masing. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.