Sukses

Ledakan di Gandaria City Sempat Dikira Bom

Tiba-tiba, suara ledakan terdengar keras dari lokasi tersebut. Kaca-kaca toko di pusat perbelanjaan tersebut bergetar hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Pagi itu sekitar pukul 10.00 WIB, karyawan dan pengunjung di lantai LG Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan mencium bau gas. Tak berselang lama, beberapa petugas mengecek sumber bau gas yang diduga berasal dari restoran Cupbob yang tengah direnovasi.

Tiba-tiba, suara ledakan terdengar keras dari lokasi tersebut. Kaca-kaca toko di pusat perbelanjaan tersebut bergetar hebat. Para pengunjung dan karyawan yang mendengar suara ledakan itu berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Pengunjung mall, Febriansyah sempat mengira ada teror bom di Gandaria City.‎ Pria yang hendak makan siang di lantai dua pusat perbelanjaan tersebut terkejut, saat merasakan getaran akibat ledakan tersebut.

"Saya kira bom. Takut saya kalau tragedi Thamrin terulang di sini," kata pria 32 tahun itu saat ditemui di Gandaria City, Kamis (19/5/2016).

"Tadi ledakannya keras sekali, kaca-kaca di sini bergetar semua. ‎Sempat kaget dan langsung berlarian semua," ujar penjaga toko jam tangan, Saripah.

Beberapa petugas keamanan menginstruksikan agar karyawan dan pengunjung keluar gedung, untuk menyelamatkan diri.‎ Namun tak sedikit warga yang penasaran memilih tetap bertahan dan berbondong-bondong mendatangi sumber ledakan.

Sementara Yuri yang bekerja di restoran tak jauh dari lokasi ledakan, mengaku sangat kaget dengan insiden tersebut. Bahkan, getaran yang ditimbulkan akibat ledakan itu berasa seperti gempa.

"Tadi lagi bekerja terus meledak. Seperti gempa ada guncangan. Pas keluar kondisi nya sudah begitu (berantakan)," kata perempuan 25 tahun itu.


Setelah terjadi ledakan, kata Yuri, sejumlah barang-barang di rumah makan itu rusak. Lampu-lampu yang ada di depan restoran berjatuhan dan pecah. Dia menduga, ledakan berasal dari gas yang bocor.

"Penyebab kayaknya dari gas. Ada empat orang korban luka bakar yang saya lihat tadi," kata dia.

Saksi lain yang enggan disebut namanya bahkan sempat mengabadikan detik-detik, sesaat setelah ledakan terjadi. Dia melihat ‎pria berbaju hitam tergeletak di lantai. Seorang pria juga terlihat sempoyongan dengan baju robek dan mengalami luka bakar di pinggangnya.

"Jumlah korbannya saya enggak tahu persis. Tapi sudah dibawa petugas ke rumah sakit," ucap pria itu sambil menunjukkan foto di ponselnya.

Namun, pria yang bekerja di showroom mobil itu enggan memberikan foto korban ledakan di Gandaria City. "Jangan Mas, nanti malah saya yang disalahin kalau ada apa-apa," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini