Psikiater Periksa Kejiwaan Penjahat Seksual Batita di Bogor

Oleh Achmad Sudarno pada 13 Mei 2016, 23:54 WIB
Diperbarui 13 Mei 2016, 23:54 WIB
20160512-Budiansyah
Perbesar
Budiansyah ditangkap polisi setelah disangka mencabuli dan membunuh bocah LN berusia 2,5 tahun. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Budiansyah (26), tersangka kasus kejahatan seksual dan pembunuhan di Pabuaran Tonggoh, Desa Giri Mulya, Kecamatan Cibungbulang, Bogor diperiksa psikiater. Ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kejiwaan pelaku.

"Sudah diperiksa tadi di Mapolres, cuma belum tahu hasilnya," kata Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor Aiptu Isa Ismail di Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/5/2016).

Penyidik mendalami kasus kejahatan seksual dan pembunuhan yang menimpa bocah berusia 2,5 tahun berinisial LN. Sejauh ini, Budiansyah mengaku dua kali melakukan kejahatan seksual dan pembunuhan terhadap bocah perempuan itu.

"Setelah kasusnya dilimpahkan dari Polsek Kamis kemarin, kami dalami lagi," kata Isa.

Terkait pendampingan kuasa hukum selama proses pemeriksaan, kata dia, penyidik juga sudah menawarkannya kepada pihak keluarga. Namun, hingga kini belum ada jawaban maupun persetujuan dari mereka.

"Kami sudah menawarkan apakah akan menggunakan pengacara sendiri atau dari kepolisian. Tapi belum ada jawaban," kata dia.

Sementara itu Kapolsek Cibungbulang, AKP Ronny Mardiatun menyebutkan sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi termasuk tiga orang dari pihak keluarga pelaku, yakni kedua orangtua dan adik pelaku.

"Untuk tiga orang saksi ini dilakukan pemeriksaan lanjutan di Polres Bogor," ujar dia.

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Ronny, satu dari tiga orang saksi tersebut menjadi tersangka.

"Bisa saja ada. Tapi dari hasil pemeriksaan di Mapolsek belum ada bukti atau keterangan yang mengarah ke sana," ucap Ronny terkait perkembangan kasus kejahatan seksual dan pembunuhan terhadap bocah di Bogor.