Sukses

VIDEO: Aksi HMI di Sejumlah Daerah Protes Saut Situmorang

Mahasiswa HMI di berbagai daerah mengecam pernyataan pimpinan KPK Saut Situmorang yang dinilai melecehkan HMI.

Liputan6.com, Palembang - Aktivis dan Korps Alumni HMI (KAHMI) Palembang, Sumatera Selatan, berunjuk rasa di depan Kampus UIN Raden Fatah dan Mapolda. Mereka menuntut Pengurus Besar HMI melaporkan Saut Situmorang ke Majelis Etik KPK dan Mabes Polri, karena pernyataannya dianggap menghina HMI.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (9/5/2016), aksi protes anggota HMI juga terjadi di Bandung, Jawa Barat. Mereka berunjuk rasa dengan turun ke jalan dan menutup jalan di kawasan Jalan Merdeka.

Massa HMI lalu mendatangi Mapolrestabes Bandung untuk melaporkan Saut Situmorang. 

Aksi serupa dilakukan mahasiswa di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam orasinya mereka menuntut Saut meminta maaf selama lima hari berturut-turut dan mundur dari KPK.

Mereka juga mendatangi Mapolresta untuk melaporkan Saut Situmorang, yang pernyataannya dianggap telah melecehkan HMI.

Di Jember, Jawa Timur, ratusan aktivis HMI berunjuk rasa dengan turun ke jalan-jalan utama kota itu. Mereka mengusung keranda mayat berisi foto Saut Situmorang yang kemudian ditaburi bunga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.