Sukses

JK Bakal Lepas Ekspor Perdana Kapal Perang ke Filipina

Kapal perang buatan PT PAL Indonesia jenis SSV ini pesanan Kementerian Pertahanan Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau JK dijadwalkan melepas ekspor perdana kapal perang buatan PT PAL Indonesia jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) pesanan Kementerian Pertahanan Filipina di Pelabuhan Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Minggu ini 8 Mei 2016. 

"Jusuf Kalla direncanakan melakukan upacara pelepasan ekspor di lokasi Graving Dock Semarang, Divisi Kapal Niaga, PT PAL Indonesia bersama sejumlah menteri dan perwakilan Kementerian Pertahanan Filipina besok," ucap Manajer Humas PT PAL Indonesia Bayu Witjaksono seperti dilansir Antara, Sabtu 7 Mei 2016.

Dalam undangan yang disampaikan kepada sejumlah media, Bayu mengatakan menteri yang direncanakan mendampingi Wapres JK adalah Meneg BUMN Rini Soemarno yang akan menyampaikan pidato sambutan, serta jajaran dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Sementara itu, kapal perang yang dilepas merupakan pesanan pertama Filipina dari dua kapal yang dipesan, dan merupakan pengembangan dari kapal pengangkut Landing Platform Dock (LPD) dengan nilai total mencapai Rp 1 triliun.

Sebelumnya, kapal yang didesain panjang 123 meter, lebar 21,8 meter dan memiliki kecepatan 16 knot dengan ketahanan berlayar selama 30 hari di laut lepas tersebut telah diluncurkan Menko Maritim Rizal Ramli bersama Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pada Januari 2016.

Kemudian, menjalani penyempurnaan seperti pengecatan beberapa bagian tubuh kapal sebelum resmi diserahkan dan digunakan oleh Kementerian Pertahanan Filipina yang direncanakan pada Senin (9/5).

Sementara itu, untuk pesanan kedua dijadwalkan resmi diluncurkan pada September 2016, sebab saat ini sedang dalam proses pemasangan blok-blok bagian kapal.

"Rencana September 2016 akan kita luncurkan untuk SSV pesanan kedua Filipina, dan sekarang masih dilakukan pemasangan blok-blok bagian kapal," ucap Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) M Firmansyah Arifin.

Arifin menjelaskan kapal SSV merupakan kapal canggih karya mandiri anak bangsa yang berada di kelas Lloyd Register, dan merupakan kapal perang pertama yang berhasil diekspor Indonesia.

Kapal perang SSV juga mampu membawa dua helikopter dan mengangkut kapal landing craft utility (LCU) serta sejumlah tank perang hingga truk militer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.