Destinasi: Karimun Jawa, Pesona Taman Laut Indonesia

Oleh Liputan6 pada 07 Mei 2016, 13:41 WIB
Destinasi: Karimun Jawa, Pesona Taman Laut Indonesia

Liputan6.com, Karimun Jawa - Halo sahabat Destinasi, kali ini kami ajak Anda menikmati keindahan Kepulauan Karimun Jawa. Wisatawan mancanegara menjulukinya Karibia dari Jawa, atau surga di Pulau Jawa.

Karimun Jawa terkenal dengan spot diving-nya yang keren. Tak heran sejak 15 tahun lalu, Karimun Jawa resmi jadi taman nasional. Jadi, rugi sekali kalau kita tidak menyelam.

Baru 5 menit menyelam, tim Destinasi sudah melihat bangkai kapal yang karam. Itu adalah kapal nelayan yang tenggelam saat mencari ikan. Kapal itu mulai ditumbuhi terumbu karang.

Di Menjangan Kecil, wisatawan bisa menikmati terumbu karang jenis acropora, karang meja, anemon laut juga ikan-ikan kecil.

Belum puas rasanya menikmati pesona taman laut Karimun Jawa. Yuk kita ke lokasi diving berikutnya di Spot Gosong. 

Di Spot Gosong, sahabat Destinasi tak harus bisa menyelam. Sebab, keindahan terumbu karang di kedalaman lima meter bisa dinikmati dengan snorkling di permukaan.

Jika beruntung, sahabat Destinasi juga bisa menyaksikan atraksi clownfish alias ikan badut berburu plankton, di antara anemon laut.

Tak terasa sudah dua kali menyelam. Tim Destinasi pun memutuskan beristirahat di Pulau Geleang untuk makan.

Perut sudah terisi, saatnya main air lagi di sekitar Pulau Cemara Besar. Ini dia, lokasi favorit wisatawan untuk berjemur sambil menikmati gradasi warna laut nan indah.

Ada dua lokasi favorit menikmati senja di Karimun Jawa. Pertama, di Bukit Cinta. Dengan membayar Rp 10 ribu, sahabat Destinasi bisa menikmati panorama Karimun Jawa dari ketinggian 50 meter di atas permukaan laut.

Satu lagi di Pulau Tanjung Gelam. Di sinilah wisatawan biasa menghabiskan senja mereka sambil bermain bersama keluarga.

Tim Destinasi pun melepas lelah sambil menikmati kelapa muda.