Sukses

VIDEO: Bawa Patung Begal, Buruh Jalan Kaki ke Istana Merdeka

Para buruh menuntut kenaikan upah minimum buruh sebesar 30 persen untuk tahun 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu buruh turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi mereka pada hari buruh ini, 1 Mei 2016. Di ibukota, unjuk rasa buruh terpusat di kawasan Monas, Istana Negara dan Gelora Bung Karno.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (1/5/2016), dengan membawa patung begal, ribuan buruh berjalan kaki dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Istana Merdeka, Jakarta.

Patung begal itu sebagai simbol dari pengambilan hak mereka oleh pemerintah. Ribuan polisi juga diterjunkan untuk mengatur lalu lintas di lokasi peringatan hari buruh.

Buruh berasal tak hanya dari Jakarta, namun juga dari daerah penyangga Ibu Kota dan sejumlah daerah lain dekat Jakarta. Selain Bundaran HI, kawasan Patung Kuda juga dipadati buruh.

Para buruh menuntut kenaikan upah minimum buruh sebesar 30 persen untuk tahun 2017. Menuntut perbaikan kesejahteraan buruh, seperti penghapusan sistem kerja alih daya dan jaminan kesehatan BPJS.

Unjuk rasa buruh di Jakarta diikuti oleh para buruh dari dari Jakarta dan sekitarnya. Ribuan buruh dari Tangerang, Banten, berkonvoi menggunakan sepeda motor di kawasan Tigaraksa, Tangerang, menuju Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.