VIDEO: Periksa Banjir, Ahok Blusukan ke Kolong Jembatan

Oleh Liputan6 pada 27 Apr 2016, 18:56 WIB
Diperbarui 27 Apr 2016, 18:56 WIB
VIDEO: Periksa Banjir, Ahok Blusukan ke Kolong Jembatan
Perbesar
Di Kali Sunter Ahok merasa heran, karena banjir tetap saja terjadi padahal pengerukan telah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang terus terjadi di Jakarta Timur membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok heran. Ia pun langsung ke kolong jembatan Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kali Sunter.

Tak hanya memeriksa keadaan saluran air yang mengendalikan banjir di wilayah timur Jakarta, Sang Gubernur seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (27/6/2016), juga berdialog dengan warga yang tinggal di kolong jembatan. Ahok bahkan turut menyarankan mereka untuk tinggal di rusun.

Selanjutnya blusukan dilakukan ke Kali Sunter. Di sini Ahok merasa heran, pengerukan telah dilakukan tapi banjir tetap saja terjadi.

Sebelum kembali ke Balai Kota, Gubernur Ahok meminta Walikota Jakarta Timur untuk melakukan pengerukan dan memperhatikan koordinator pekerja harian lepas yang nakal.

Dari hasil blusukannya ke BKT dan Kali Sunter, Ahok menarik kesimpulan.

"Yang jadi masalah kita nggak tahu kalau nggak datang ke lapangan. Kalau pintu ini dibuka, apakah Kali Sunter akan tenggelam nggak. Justru kita potong ini supaya Kali Sunter tidak ada air. Makanya saya mesti datang lihat," ungkap Ahok.

"Harusnya kalau sudah ada Banjir Kanal Timur, nggak ada banjir di Jakarta Timur," tambah dia.

Lingkungan di sekitar Kali Sunter merupakan kawasan langganan banjir. Untuk mengatasi banjir di Jakarta, Pemprov DKI akan memaksimalkan hubungan antar pintu air dan menormalisasi sejumlah kali yang rawan banjir.