Sukses

Jaksa Agung: Eksekusi Mati Tak Menyenangkan tapi Harus Dilakukan

Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, eksekusi tersebut harus dilakukan untuk memberi efek jera.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah segera melakukan eksekusi hukuman mati jilid III. Eksekusi itu pasti dilakukan tahun ini.

Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan eksekusi tersebut harus dilakukan untuk memberi efek jera.

"Hukuman mati bukan sesuatu yang menyenangkan, tapi harus kita laksanakan. Untuk menyelamatkan bangsa ini," ujar Prasetyo saat rapat kerja dengan Komisi III DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/4/2016).

Dia menegaskan hukuman tetap akan dilakukan. Wajib hukumnya bagi yang kasusnya telah inkracht atau berkekuatan hukum tetap untuk dieksekusi.

"Sesuai tekad pemerintah hukuman mati akan tetap dilaksanakan hanya tinggal waktunya. Bagaimana pun proses hukum harus berakhir. Bagi yang telah inkracht putusannya akan kita laksanakan eksekusi pada saatnya nanti. Kami sudah dua kali eksekusi mati," ucap Prasetyo.

Pemerintah belum menentukan di mana eksekusi mati tersebut dilakukan. Namun, "tempat yang paling tepat adalah Nusakambangan," kata Prasetyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.