Sukses

Belasan Terpidana BLBI Masih Buron?

Ternyata masih banyak buron BLBI lainnya yang masih berkeliaran di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Buron kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono ditangkap di Shanghai, China. Mantan Komisaris Utama PT Bank Modern Tbk itu menjadi buron selama 13 tahun sejak 28 Mei 2003.

Ternyata masih banyak Samadikun lain yang masih berkeliaran di luar negeri.

"Enggak sampai (belasan). Tapi yang pasti beberapa pun jumlahnya kita berusaha untuk memulangkan mereka, untuk mempertanggungjawabkan perbuatan. Ketika mereka divonis bersalah, dan dipidana, semua harus dilaksanakan," ujar Jaksa Agung HM Prasetyo di Jakarta, Senin (18/4/2016).

Menurut dia, koruptor-koruptor itu telah menyebar ke sejumlah negara. Mereka juga belum mengembalikan uang negara.

"Ya mereka ini kan semuanya sudah divonis, sudah menyebar di mana-mana. Kita akan cari terus dengan tim pemburu koruptor itu. Yang sudah berhasil ditemukan itu baru di mana tempatnya," ungkap Prasetyo.

Sebelumnya, Samadikun Hartono ditangkap saat akan menonton balap F1 di Shanghai, China. Samadikun menghilang pada 28 Mei 2003.

Setelah diselidiki, Samadikun tinggal di Apartemen Beverly Hills, Singapura. Negara yang masih bertetangga dengan Indonesia. Namun, dia berganti-ganti identitas dan negara untuk mengaburkan jejak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini