Sukses

Bertemunya 3 Mantan Gubernur Jakarta di Jerman

Kedatangan Jokowi di negeri itu disambut oleh mantan rivalnya saat Pilgub DKI Jakarta 2012 lalu, Fauzi Bowo.

Liputan6.com, Jerman - Presiden Jokowi tiba di Berlin, Jerman, pada Minggu malam, 17 April 2016 sekitar pukul 20.40 waktu setempat atau Senin dinihari tadi pukul 01.40 WIB. Kedatangannya di negeri itu disambut oleh mantan rivalnya saat Pilgub DKI Jakarta 2012 lalu, Fauzi Bowo.

Pria yang karib disapa Foke itu saat ini memang menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jerman. Seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Senin (18/4/2016), Foke tak sendirian menyambut Jokowi.

Foke ditemani Deputi Protokol Negara Republik Federal Jerman, Kondrat Arzvob Straussenberg, dan Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel.

Setibanya di hotel, Jokowi disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan Kepala BIN yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Alunan lagu nasional "Berkibarlah Benderaku" yang dibawakan oleh anak-anak Indonesia yang tinggal di Jerman juga turut mengiringi kedatangannya.

Jerman adalah negara pertama yang dikunjungi Jokowi dari empat negara di Eropa sebelum Inggris, Belgia, dan Belanda. Tiga mantan Gubernur DKI Jakarta bersua dalam kesempatan yang sama.

Ketiganya adalah Jokowi (2012-2014), Fauzi Bowo (2007-2012), dan Sutiyoso (1997-2007).

Mereka duduk berdampingan dalam satu sofa. Ketiga pria itu tampak akrab dan masing-masing menyunggingkan senyum.

Tak ada kekakuan di sana, meski Jokowi dan Foke pernah menjadi rival.

Dalam lima hari kunjungan kerjanya di Eropa, Jokowi dijadwalkan mengunjungi sejumlah negara. Selain Jerman, dia juga dijadwalkan mengunjungi Inggris, Belgia, dan Belanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini