VIDEO: Visa Belum Keluar, Ribuan Jemaah Umrah Terlantar

Oleh Liputan6 pada 06 Apr 2016, 13:25 WIB
Diperbarui 06 Apr 2016, 13:25 WIB
VIDEO: Visa Belum Keluar, Ribuan Jemaah Umrah Gagal Tanah Suci
Perbesar
2.800 Jemaah umrah asal Jawa Timur tertunda keberangkatannya ke tanah suci.

Liputan6.com, Sidoarjo - Keberangkatan ribuan jemaah umrah di berbagai daerah harus tertunda lantaran visa belum keluar. Hingga saat ini mereka masih tertahan di hotel sekitar bandara tanpa kepastian.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (6/3/2016), Istiarno, jemaah umrah asal Semarang, Jawa Tengah hanya bisa pasrah menanti jadwal keberangkatannya ke Mekah.

Istiarno seharusnya berangkat umrah pada Selasa 5 April 2016. Namun apa daya, visa umrahnya belum keluar. Sejak semalam, Istiarno menginap di hotel dekat Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Hingga saat ini biro perjalanan haji dan umrah belum bisa memberi kepastian kapan Istiarno berangkat. Ia kecewa karena harus mengajukan cuti tambahan di tempatnya bekerja.

Istiarno tak sendiri, data menunjukkan ada 2.800 jemaah umrah asal Jawa Timur yang tertunda keberangkatannya ke tanah suci dan belum ada kepastian kapan diberangkatkan. Begitu pula 3.600 jemaah di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia menginformasikan, stiker visa umrah dikirim hari ini ke Indonesia, sehingga Kamis atau Jumat besok, jemaah sudah bisa diberangkatkan.

Namun hingga hari ini Kementerian Agama belum memberi keterangan resmi soal macetnya visa umrah.