VIDEO: Rio Haryanto Capai Garis Finish di Formula 1 Bahrain

Oleh Liputan6 pada 04 Apr 2016, 13:45 WIB
Diperbarui 04 Apr 2016, 13:45 WIB
Rio Haryanto
Perbesar
Pembalap Manor, Rio Haryanto saat berlaga di sirkuit Bahrain / Reuters

Liputan6.com, Bahrain - Rio Haryanto akhirnya mampu membuktikan kualitasnya sebagai pembalap kelas dunia. Minggu malam kemarin, ia mampu memenuhi target dengan menyentuh garis finish perdananya di Sirkuit Internasional Bahrain. 

Atas keberhasilannya di seri kedua Formula 1 tersebut, Rio tak lupa menyampaikan terima kasih atas doa dan dukungan seluruh warga Indonesia.

"Terimakasih kepada semua fans yang telah mengikuti lomba tadi di Bahrain, alhamdulilah saya bisa berhasil finish 57 laps," kata Rio seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (4/4/2016).  

Kendati berada di urutan paling buncit yaitu urutan 17, namun Rio mampu mengungguli pembalap lain yang justru berguguran sebelum menyentuh finish. Di antaranya Sebastian Vettel yang gagal sebelum memulai laga lantaran mobilnya mengeluarkan asap, Esteban Guiterez, dan Carlos Sainz Jr. 

"Challenging sekali di awal race. Saya mendapatkan pas yang bagus, tetapi ada sedikit kendala dengan degradasi ban, sehingga saya harus melakukan strategi yang berbeda. Namun strateginya kurang perfect bagi saya," ujar Rio Haryanto.

Sementara Nico Rosberg mengulang kesuksesan di Australia dan berhasil menyentuh finish di posisi pertama. Disusul Lewis Hamilton dan rekan setim Rio--Pascal Wehrlein yang mencatatkan hasil lebih baik dengan finish di posisi 13. 

Hasil F1 seri Bahrain ini menjadi modal penting bagi Rio untuk tampil lebih baik lagi pada GP Shanghai, Tiongkok pada 17 April mendatang.