Sukses

Jalur Puncak-Cianjur Tertutup Longsor, Lalu Lintas Macet

Longsor menyebabkan tertutupnya akses jalan dari arah Cianjur menuju Bogor maupun sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Jalur utama Puncak-Cianjur Jawa Barat, tertutup material longsor yang terjadi di Kampung Pos Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Peristiwa itu terjadi Jumat (1/4/2016) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Suparman mengatakan, tebing tanah ambrol dan menutup akses jalan dari arah Cianjur menuju Bogor maupun sebaliknya.

"Tidak ada korban jiwa karena saat kejadian longsor pukul 16.15 WIB tidak ada kendaraan yang melintas," kata Asep, saat dikonfirmasi, Bogor, Jumat (1/4/2016).

Menurut Asep, tebing yang longsor membuat hampir tiga perempat badan jalan tertutup material longsor setebal 5 meter dengan panjang sekitar 20 meter.

"Kendaraan dari kedua arah sempat tidak bisa sama sekali melintas karena tertutup tanah, tapi sekarang mulai bisa dilalui. Polisi memberlakukan sistem buka tutup dari dua arah," ujar dia.

Longsoran tanah sepanjang 20 meter dengan tinggi 30 meter yang menutup badan jalan dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Kontur tanah disekitar lokasi yang labil mempermudah longsor.

"Lokasinya sekitar 500 meter dari longsor bulan Januari lalu," ujar dia.

Asep memperkirakan, malam ini kendaraan sudah bisa dilewati dari kedua arah. "Mudah-mudahan secepatnya bisa selesai. Alat berat sudah didatangkan dari sore membersihkan tanah," ujar Asep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

    cianjur

  • puncak

Video Terkini