Sukses

Pelabuhan Sunda Kelapa Bakal Jadi Tempat Parkir Tamu Luar Negeri

Revitalisasi kawasan Penjaringan bakal menggusur sejumlah rumah di sekitar Museum Bahari.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merevitalisasi Museum Bahari di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, sudah dimulai. Pengembalian fungsi museum itu bakal menggusur sejumlah bangunan di sekitar kawasan tersebut.

"Iya sudah ada surat edaran untuk sosialisasinya dari pemerintah provinsi," kata Camat Penjaringan, Abdul Khalit di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Abdul mengatakan, Museum Bahari nantinya dijadikan lokasi wisata internasional. Termasuk, kawasan pelabuhan Sunda Kelapa yang akan dijadikan tempat parkir kapal tamu luar negeri.

"Karena memang daya tariknya besar bagi wisatawan asing dan banyak yang masuk ke sana," kata dia.

Abdul mengatakan, revitalisasi tersebut merupakan rencana pemerintah sejak 2012 kemarin. Bukan tidak mungkin, katanya, revitalisasi tersebut bakal menggusur sejumlah rumah di sekitar Museum Bahari.

Abdul mengatakan, warga yang tinggal di bantaran kali dan pedagang kios di pasar ikan bakal digusur untuk revitalisasi tersebut. Ini, katanya, lantaran bangunan liar tersebut masuk dalam kawasan zona hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.