Sukses

Hari Paskah, Umat Kristiani Ikuti Jalan Salib di Gereja Theresia

Di tengah teatrikal berlangsung, doa pun dipanjatkan. Seluruh jemaat sontak bersimpuh di kursi masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Kristiani memperingati wafatnya Isa Almasih pada hari ini. Di Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat umat Kristiani sudah memulai prosesi Jalan Salib.

Jalan Salib yang diperankan oleh para jemaat menggambarkan bagaimana perjuangan dan pengorbanan Yesus Kristus sampai akhirnya rela disalib untuk menyelamatkan umatnya.

Belasan jemaat yang dominasi anak muda ini tampak apik memeragakan proses demi proses bagaimana perjuangan Yesus meyakinkan jemaatnya, hingga ditangkap oleh pasukan dan disalib. Mereka mengenakan gamis panjang. Sedangkan Yesus mengenakan gamis panjang putih lengkap dengan selendang putih.


Ratusan jemaat yang hadir terlihat termenung melihat teatrikal prosesi tersebut. Sebagian bersimpuh sambil berdoa, sebagian lagi mengabadikan teatrikal itu.

Di tengah teatrikal berlangsung, doa pun dipanjatkan. Seluruh jemaat sontak bersimpuh di kursi masing-masing. Kedua tangan bertaut sambil membaca doa dan pujian yang ditampilkan dihadapan mereka.

"Jalan salib ini untuk memvisualisasikan bagaimana perjalanan Yesus dari perjamuan hingga penyaliban," kata Ketua Orang Muda Katolik Gereja Theresia, Mega, di Lokasi, Jumat (25/3/2016).

Peringatan wafatnya Yesus Kristus di Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Ahmad Romadoni) Teatrikal ini, kata Mega, hanya sekali ditampilkan. Kemudian ibadah baru dilakukan pada pukul 15.00 dan 18.00 WIB. "Biasanya jemaat baru datang nanti, lebih banyak sore nanti," imbuh dia.

Peringatan wafat Isa Almasih di Gereja Theresia dijaga oleh kepolisian gabungan dari Polda Metro Jaya, Polrestro Jakarta Pusat, dan Polsek Metro Menteng.

Petugas kepolisian tampak berjaga di depan pintu masuk gereja. Mereka yang akan masuk diperiksa terlebih dulu termasuk barang bawaan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.