Sukses

VIDEO: 16 Napi Rutan Klas IIB Bangkalan Positif Narkoba

Polisi kini tengah mengusut pemasok narkoba ke Rutan Bangkalan.

Liputan6.com, Bangkalan - Tim gabungan dari Polres Bangkalan dan Kementerian Hukum dan HAM Kamis dini hari tadi menyisir satu-per satu sel di Rutan Klas IIB Bangkalan, Jawa Timur. Hasilnya, polisi menemukan berbagai alat yang berkaitan dengan narkoba.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (24/3/2016), dalam penggeledahan tidak ditemukan narkoba seperti sabu. Diduga, barang haram itu sudah habis dipakai.

Tes urine secara acak membuktikan dugaan itu. Dari 60 napi yang dites urine, 16 di antaranya positif narkoba. Polisi kini mengusut pemasok narkoba ke Rutan Bangkalan.

Sementara itu, pada saat yang sama BNN menggeledah Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas 1 Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara. Dibantu anjing pelacak, petugas menyusuri setiap sudut lapas.

Selama 4 jam penggeledahan, tidak ditemukan narkoba. Namun ditemukan alat komunikasi dan benda-benda lain yang sebenarnya tidak boleh ada di dalam lapas.

Penggeledahan itu bertujuan mencari jaringan narkoba yang dikendalikan dari dalam lapas. Sebanyak 80 persen dari 520 penghuni Lapas Wanita Tanjung Gusta adalah mereka yang terjerat penyalahgunaan narkoba.

Pertengahan 2011 lalu, BNN pusat menangkap Anlie Yusuf, penghuni Lapas Wanita Tanjung Gusta. Ia terlibat jaringan narkoba yang dikendalikan dari dalam lapas itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.