Sukses

Pakai Narkoba, Bupati Ogan Ilir Resmi Dicopot dari Jabatannya

Melalui SK Kemendagri, Gubernur Sumsel mengangkat Ilyas Panji Alam sebagai Plt Bupati Ogan Ilir menggantikan AWN yang terlibat narkoba.

Liputan6.com, Palembang - Terbukti memakai narkoba, Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Nofiadi (AWN) yang ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN), akhirnya resmi dicopot dari jabatannya.

Pencopotan bupati termuda di Indonesia itu diketahui dari Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia bernomor 131.16-3020 tahun 2016. Surat tersebut menyatakan, pemberhentian AWN sebagai Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, dan pengangkatan Ilyas Panji Alam sebagai Pelaksana tugas (Plt) Bupati Ogan Ilir.

SK Mendagri ini diserahkan kepada Wakil Bupati Ilyas Panji Alam, Senin 21 Maret 2016, di kantor Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), di depan para pejabat Pemprov Sumsel. Penyerahan SK Mendagri ini sekaligus sebagai pengangkatan Ilyas Panji Alam sebagai Plt Bupati Ogan Ilir menggantikan AWN.

 



"SK ini merupakan pemberhentian sementara dan pengangkatan Plt Bupati OI sementara. Sabtu lalu sudah saya terima (SK Mendagri) dan hari ini SK-nya diserahkan," ucap Gubernur Sumsel Alex Noerdin usai menyerahkan SK dan melantik Plt Bupati Ogan Ilir.

Menurut Alex, adanya SK pemberhentian AWN dan pengangkatan Plt merupakan tindakan tegas Kemendagri agar kasus yang menimpa AWN tidak terulang kembali. Bahkan, kata Alex, kasus AWN merupakan suatu perilaku yang tidak baik dicontoh dan menjadi pelajaran berharga bagi para pejabat lainnya.

"Tindakan Kemendagri memberhentikan langsung Bupati OI merupakan tindakan tegas agar kejadian ini tidak terulang kembali. Karena saya masih ingat betul saat melantik 7 pasang bupati dan wakil bupati bulan lalu," ujar Alex.

Alex juga berpesan kepada Plt Bupati Ogan Ilir agar bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal. Juga bisa memimpin daerah Kabupaten Ogan Ilir menjadi lebih maju bersama jajaran SKPD lainnya.

"Jika memang ada SKPD yang tidak mendukung, silakan ajukan ke saya. Nanti saya minta izin ke Kemendagri untuk menggantinya," tegas Alex.

Sementara Plt Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam mengatakan, akan berkoordinasi dengan Gubernur Sumsel saat menjalankan tugasnya. Ilyas juga siap bekerja sama dengan BNN untuk menangkap pejabat di Ogan Ilir yang masih terjerat narkoba.

"Jika ada, silakan saja tangkap dan langsung pecat. Karena narkoba itu musuh negara dan dampaknya luar biasa. Saya juga belum menjenguk AWN, tapi ternyata sudah direhab," kata dia.

Saat ditanya tentang kecanduan AWN terhadap narkoba, Ilyas sama sekali tidak mengetahuinya. Dia mengatakan, jika sejak dulu dia mengetahuinya, Ilyas akan melaporkannya langsung ke BNN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini