Sukses

Kondisi Sekolah Olahraga Hambalang Ini Bikin Jokowi Geleng-geleng

Ada beberapa bangunan yang ia masuki, antara lain ruang serba guna dan asrama atlet.

Liputan6.com, Bogor - Keringat bercucuran di kening Presiden Jokowi. Sesekali ia menyeka menggunakan tangannya. Pandangannya menerawang melihat bangunan yang seharusnya menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Dia ditemani Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Kita hanya geleng-geleng," kata Jokowi, Jumat (18/3/2016).

Jokowi menggelengkan kepala karena melihat banyak mebel, penyejuk udara, lantai keramik, dan urionoir (tempat buang air) yang rusak. Benda-benda itu rusak karena terbengkalai akibat kasus korupsi.

Ada beberapa bangunan yang ia masuki, antara lain ruang serba guna dan asrama atlet. Di ruang serba guna, lantainya masih berupa semen. Pipa dan tiang besi berserakan tak karuan. Jokowi pun harus berhati-hati melangkah karena banyak pecahan kaca yang belum dibersihkan.

Gedung asrama atlet sedikit lebih baik, tapi tiap sudut ditutupi debu. Pintu yang berbahan kayu pun sudah lapuk.

"Ini butuh keputusan segera. Tapi yang mebel dan furniture ini masih proses hukum di kejaksaan. Kalau bangunannya saya akan segera putuskan," tutur dia.

Dia mengatakan, dibutuhkan keputusan cepat untuk menyelesaikan masalah ini karena uang perawatan bangunan mencapai miliar lebih. Dalam pengambilan keputusan, Jokowi juga akan melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini