Sukses

Indonesia Jadi Tema Pameran Seni Terbesar di Eropa

Presiden Jokowi akan meresmikan event besar para seniman Eropa itu bersama Raja Belgia Phillip I.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan pameran seni dan budaya Europalia yang digelar akhir 2016 hingga awal 2017 di Eropa. Jokowi akan meresmikan event besar para seniman Eropa itu bersama Raja Belgia Phillip I.

Peresmian oleh Jokowi terkait tema pameran tersebut. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, dalam pameran yang digelar dua tahun sekali itu Indonesia dipilih sebagai tema.

"Pada 2017, Indonesia akan jadi negara tema dari pameran art and culture, Europalia," kata Retno usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Putri Belgia, Astrid di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

 



Pameran tersebut, lanjut Retno, merupakan ajang besar bagi para seniman di Eropa. Pada 2015, pameran itu mengambil tema negara Turki.

"Ini partisipasi besar dan pemilihan Indonesia jadi tema menunjukkan potret Indonesia di Belgia dan Eropa. Persiapan sudah dilakukan Pak Mendikbud," jelas Retno.

Persiapan pameran ini sudah dimulai sejak tahun lalu. Pameran akan berlangsung 4 bulan, dari Oktober hingga Januari 2017.

‎Nantinya akan dipamerkan 4 disiplin seni yaitu Herritage (warisan budaya Indonesia), Contemporary (pertunjukan seni kontemporer para seniman Indonesia), Creation (kreasi baru karya para seniman Indonesia yang mengikuti program ini), dan Exchange (kolaborasi seni seniman Indonesia dan Eropa).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.